Rabu, 25 Juli 2007

Kunci suksesnya, kreativitas

Sekalipun modal yang dibutuhkan tidak besar namun persoalan yang jauh lebih penting adalah soal kreativitas. Berikut hal-hal yang menurut mereka patut diperhatikan jika ingin sukses :

  1. Kreatif menciptakan desain baru. Jika tidak hal itu sama saja menjualkan produk orang lain. kreatif sama dengan memenangkan tarif jual tanpa karena tak ada saingan di tempat lain. Perlu diingat jangan terlalu besar jika mengambil keuntungan karena bisa bikin kapok pemesan. Sewajarnya sajalah.
  2. Promosi atau pemasaran adalah hal yang paling penting. Karena itu jangan malu-malu untuk jemput bola atau mencoba berbagai strategi pemasaran. Misalnya menitipkan plamflet di toko-toko relasi atau yang lainnya. Perlu juga mendatangi ke rumah calon punya hajat ini tentunya bagi usahawan baru atau memiliki kedekatan emosi.
  3. Jangan lupa pula untuk memberikan tips bisa dengan bentuk apapun kepada relasi yang berhasil memberikan kita pemesan. Ini penting selain sebagai bentuk terimakasih juga mempererat tali silaturahmi. Semakin baik kita menjalin relasi semakin baik pula peluang keuntungan yang akan kita dapat.
  4. Jangan ragu melakukan pendekatan terhadap perusahaan cetak ataupun toko kertas dengan menjadi langganan. Dengan demikian, harga yang diberikan dihitung diskon dan berbeda dengan konsumen biasa.
  5. Pelayanan dan kualitas adalah hal utama. Konsumen akan lebih pelayanan dan kualitas baik sekalipun harga yang dikenakan jauh lebih tinggi.
  6. Berikan bentuk bonus-bonus sebagai penarik konsumen untuk memesan ke tampat kita. Misalnya pemesanan 1.000 kartu mendapatkan satu buah kaus, payung dan lain sebagainya. Bonus yang dapat diberikan lainnya sebagai bentuk pelayanan adalah rela mengetikkan list nama-nama tamu undangan di dalam kartu. Jika terlampau banyak bisa diberikan bonus gratis kertas tempat nama untuk ditempel di muka undangan.
  7. Kalau bisa mendirikan tempat usaha di lokasi yang belum banyak saingannya. Perhatian masyarakat akan berbeda jika usaha kita adalah pioner. Jika sudah banyak yang membuka usaha sama, mainlan di kualitas dan pelayanan.
  8. Sebagai usahawan awal, jangan terlalu memikirkan keuntungan. Yang utama adalah menjadi relasi dan membuat pasar.
  9. Jangan malu untuk mengikuti perkembangan zaman atau model yang sedang tren. Tak mengikuti tren sama dengan enggan kecipratan rezeki.
  10. Kepada konsumen jika memesan kartu dengan gambar foto diri sebaiknya dengan negatif film untuk hasil sempurna.
  11. Kepada konsumen agar lebih hemat, pandai-pandailah memilih jenis kartu undangan. Jika untuk kalangan biasa pilihlah jenis kartu biasa. Namun jika yang diundang adalah kalangan atas, pilihlah yang sesuai agar reputasi keluarga tak menjadi perbincangan.

Tidak ada komentar: